Mengintip Keindahan Raja Ampat dari Puncak Harfat Dapunlol Misool

Cerita keindahan Raja Ampat memang tak ada habisnya. Hampir setiap hari para petualang dan pelancong selalu menyajikan foto-foto menarik soal Raja Ampat. Foto-foto itu membuat kita ngilir dan mengoda kita untuk menjejalkan kaki di bumi yang dikenal juga dengan sebutan “negeri para raja” tersebut.

 

Selama ini  ada bahasa atau ungkapan yang mengatakan “Jangan mengaku sudah ke Raja Ampat jika belum menginjak kaki diatas puncak Wayag atau Piaynemu.”  Ungkapan ini tidak saja bernada promosi tetapi memang Gugusan Kepulauan Wayag dan Piaynemu merupakan dua kawasan wisata yang sangat mempesona di Raja Ampat dan dikenal luas selama ini. Bahkan kawasan ini telah menjadi ikon wisata Raja Ampat selama ini.

Baca Juga : Paket Wisata Raja Ampat

Bagi wisatawan yang pernah kesana, pasti memiliki gambaran yang jelas tentang pesona wisata didua obyek wisata tersebut. Dari atas puncak kedua obyek wisata itu terpampang jelas pesona dan keindahan bentangan alam Raja Ampat. Gugusan pulau-pulau dari batu karst nan hijau berdiri tegak dibirunya laut Raja Ampat.

Namun sejak terbukanya akses transportasi dari Kota Sorong  atau pun dari Kota Waisai ke   Misool dan  semakin mengeliatnya usaha-usaha wisata di Wilayah Kepulauan Misool secara perlahan keindahan dan pesona kepulauan Misool mulai tersingkap.

Muslim Sapua dan Wisatawan Mancanegara di Atas Puncak Harfat Dapunlol Misool (foto: Muslim Sapua)

Sejumlah pegiat usaha-usaha wisata memposting foto-foto menarik yang mengambarkan keindahan alam Kepualaun Misool. Sebut saja beberapa obyek wisata menarik yangs sering diposting para fotografer dan pegiat usaha wisata tersebut adalah Obyek Wisata Telaga Cinta (saya pernah menulis tentang telaga Cinta ini), ada gua termenung, ada makan keramat dan beberapa obyek wisata menarik lainnya.

Dan satu lagi obyek wisata yang sangat menarik dan sering dipublikasi para pekerja usaha wisata lokal tetapi juga pegiat lingkungan selama ini adalah Obyek Wisata Puncak Harfat Dapunlol.  Obyek Wisata yang kurang lebih 1 jam menggunakan speedboat dari Kampung Harapan Jaya-Distrik Misool Selatan Raja Ampat tak kalah menarikanya dengan obyek wisata lainnya di Raja Ampat seperti Obyek Wisata Wayag dan Piaynemu.

Sama seperti Wayag dan Piaynemo, Obyek Wisata Puncak Harfat Dapunlol merupakan obyek wisata puncak bukit/gunung dimana untuk mencapai puncak tersebut wisatawan harus tracking.

Walaupun mungkin melalui suatu perjuangan yang melelahkan namun setibanya diatas puncak perjuangan itu terbayar karena akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah dan menarik. Terbentang gugusan pulau-pulau karst dengan pepehonan hijau sebagai cirikhas pulau-pulau di Raja Ampat.

Seorang pemandu wisata lokal,Muslim Sapua melalui akun Facebooknya, pada tanggal, 16 Januari 2018 lalu memposting foto-foto yang cantik dan mempesona yang memperlihatan bentangan alam kepulauan Misool dari atas Puncak Harfat Dapublol-Distrik Misool Selatan Raja Ampat.

“Puncak Harfat Dapunlol punya cerita,” demikian Muslim Sapua menulis dalam postingan.

Dalam postingan itu ia tak sendiri. Ia ditemanin beberapa wisatwan mancanegara. Terlihat mereka begitu asyik menikmati panorama alam kepulauan Misool dari atas Puncak Harfat Dapunlol.  Muslim Sapua mengakui, Obyek Wisata Puncak Harfat Dapunlol masuk dalam wilayah Distrik Misool Timur dan Misool Selatan.

Kenang-kenangan bersama Deputi Menko Kemaritiman berserta rombongan terima kasih Sdh melakukan Rapat kerja nasional di Home stay Harfat Jaya Kmpg harapan Jaya Misool Selatan (Foto: Muslim Sapua)

“Kawasan ini masuk dalam dua wilayah distrik yaitu Distrik Misool Selatan dan Distrik Misool Timur. Kurang lebih 1 jam dari Kumpun Harapan Jaya di Distrik Misool Selatan,” kisah Muslim Sapua melalui inbox (Selasa, 23 Januari 2018)

Sebagai pemadu wisata dan memiliki usaha homestay, Muslim Sapua sudah sangat sering menjejalkan kakinya dipuncak Dapunlol. Ia tidak saja mengantar wisatawan Mancanegara tetapi juga wisatawan dalam negeri.

Bagaimana ke sana?

Obyek Wisata Telaga Cinta Di Misool (Foto: Muhamad Rachmat Saleh)

Pertanyaan ini biasa kita ajukan. Untuk menjangkau wilayah Misool dan lebih tepatnya obyek wisata Puncak Harfat Dapunlol maka ada beberapa rute yang bisa diambil.

Bagi wisatawan luar Raja Ampat atau Papua tentunya menggunakan pesawat atau kapal laut dengan tujuan Kota Sorong dari Sorong bisa menggunakan kapal reguler yang melayani tiga kali seminggu dari Sorong menuju Misool  (tepatnya di Kampung Harapan Jaya-Distrik Misool Selatan) dengan harga Rp 250.000. Tetapi bisa juga  sewa atau charter speeedboat tetapi harganya sedikit mahal karena jaraknya jauh dan membutuhkan bahan  bakar yang tak sedikit.

Selain dari Sorong bisa juga dari Waisai-Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, tetapi tak ada kapal regular hanya carter atau menyewa speedboat dengan kapasitas yang besar menginggat Waisai-Misool itu jauh dan melewati lautan yang luas dan tentu biaya juga mahal.

Sesampai disana banyak pemandu wisata lokal atau guide lokal bisa mengantar wisatawan menuju  Puncak Harfat Dapunlol, salah satunya adalah Muslim Sapua yang adalah pegiata usaha wisata lokal yang berasal dari kampung Harapan Jaya-Distrik Misool Selatan. Muslim Sapua juga memiliki Homestay yang diberi nama Harfat jaya home stay. Jadi jangan takut tersesat untuk berwisata di  Obyek Wisata di Kepulauan Misool Raja Ampat.

Disana para pemandu juga akan menawarkan sejumlah obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti telaga cinta, gua termenung, makam keramat, gua-gua menarik, tentu juga bagi yang suka menyelam/diving atau snorkling sangat tepat untuk berwisata ke Kepulauan Misool karena memilik taman laut yang indah.

Baca Juga :

https://codepen.io/paketwisatarajaampat
https://sketchfab.com/paketwisatarajaampat
https://medium.com/@wisatarajaampat
https://www.behance.net/wisatarajaampat
https://slides.com/wisatarajaampat

Updated: August 7, 2018 — 12:10 pm
Tasya Blog © 2018 Frontier Theme