Mengenal Fungsi, Jenis dan Komponen Pipa

Mengenal Fungsi, Jenis dan Komponen Pipa – Pipa merupakan benda yang mempunyai bentuk lubang silinder dengan ada lubang dibagian tengahnya. Bahan pembuatan pipa juga beragam ada yang dari minyak bumi, plastic atau pun logam yang bisa digunakan sebagai alat pembantu saran pengaliran atau pun transportasi fluida yang mempunyai bentuk cair, gas atau pun udara.  Fluida yang mengalir biasanya akan mempunyai temperature serta tekanan yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Pipa juga biasanya akan ditentukan berdasarkan pada nominal.

Berdasarkan jenis zat yang biasa di alirkan, terdapat jenis pipa yang bisa diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Pipa untuk air
  2. Pipa untuk minyak
  3. Pipa untuk gas
  4. Pipa untuk uap
  5. Pipa untuk udara
  6. Pipa untuk lumpur
  7. Pipa untuk drainase
  8. dll

Proses Pembuatan Pipa

Ada beberapa jenis pipa, jika kita melihat pada cara pembuatannya maka secara umum kita bisa mengenal 3 jenis pipa besi, diantaranya:

  • Jenis pipa baja seamless : merupakan pembuatan pipa tanpa menggunakan pengelasan, caranya adalah dengan menusuk pada bagian batang besi yang berbentuk silinder agar bisa menghasilkan lubang pada bagian diameter pipanya.
  • Jenis pipa baja welded : pembuatan pipa dengan cara pengelesan. Pipanya akan dibentuk menggunakan pelengkungan plat baja sampai bagian ujung sisinya saling bertemu dan barulah akan dilakukan proses las.
  • Jenis pipa ductile : Jenis pipa yang dibentuk menggunakan proses casting sentrifugal logam dengan campuran panas.

Sedangkan jika melihat pada struktur bahan bakunya, maka yang digunakan secara umum ada beberapa jenis pipa.

Pipa HDPE Indonesia – Diantaranya seperti Pipa carbon steel yang merupakan jenis pipa yang terbuat dari baja karbon. Baja karbon merupakan bahan pipa yang secara umum sering digunakan dalam proses industry power plant, kimia, dan pipa industry. Untuk spesifikasinya, pipa baja karbon ini umumnya biasa digunakan untuk steam operation, air atau pun udara. Baja karbon yang paling umum digunakan untuk aplikasi pada pipeliner yaitu pipa API 5L. Sedangkan untuk baja yang paling ringan adalah baja karbon yang mempunyai karbon >0,30%.

Pipa HDPE Kemudian, ada juga jenis pipa HDPE yang merupakan pipa plastic bertekanan. Pipa ini sangat sering digunakan untuk proses pipa air dan juga pipa gas. Dinamakan pipa plastic karena bahan material dari pipa HDPE adalah berasal dari minyak bumi. Oles sebab itu, jika Anda membeli pipa ini pada supplier HDPE maka harga materialnya akan sangat berfluktuasi sebab akan dipengaruhi oleh harga minyak bumi.

Distributor Pipa HDPE Di Indonesia sudah banyak distributor pipa HDPE yang dengan bangga memasarkan pipa tersebut karena memang karakteristik pipa yang sangat terjamin serta ketahanannya yang bisa mencapai waktu 50 tahun menjadikan pipa ini begitu istimewa.

Jenis pipa lain yang juga dilihat dari strukturnya antara lain:

  • Pipa Steinless Steel
  • Pipa Duplex (biasa digunakan di proyek migas)
  • Pipa Galvanis
  • Pipa Ferro Nikel
  • Pipa Chrom Moly
  • Pipa PVC

Ada juga pembuatan pipa yang terbuat dari bahan-bahan khsusus, diantaranya seperti:

  • Pipa Aluminium
  • Pipa Nickel Cooper (timah tembaga)
  • Pipa Red Brass (kuningan merah)
  • Pipa Nickel Chrom Iron / inconnel (besi timah chrom)
  • Pipa Vibre Glass
  • Pipa Wrought Iron (besi tanpa tempa)
  • Pipa Cooper (tembaga)
  • Supplier Pipa HDPE

Manfaat Penggunaan Pipa

Manfaat dari penggunaan pipa adalah sebagai salah satu sarana untuk menyalurkan bahan cair, gas atau pun uap dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan memberikan pertimbangan efek, temperature dan juga tekanan fluida yang akan dialirkan, lokasi dan juga pengaruh dari lingkungan sekitarnya.

Selain manfaat tersebut, beberapa jenis pipa tertentu juga kerap kali digunakan untuk konstruksi bahan bangunan, gedung, apartemen dan yang lainnya yang memang mempunyai skala cangkupan sangat besar.

Sedangkan jika melihat pada dunia industry, pipa akan dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut:

  1. Untuk membantu proses perpipaan pada pembangkitan tenaga
  2. Untuk membantu pengaliran bahan minyak dan gas.
  3. Untuk membantu proses penyulingan minya mentah.
  4. Untuk membantu pengangkutan minyak dari tempat satu ke tempat lainnya.
  5. Untuk membantu proses pendinginan.
  6. Untuk mempersiapkan tenaga nuklir
  7. Untuk membantu proses perpipaan khususnya pada distribusi dan juga transmisi gas.
  8. Jual Mesin Las HDPE

Masih banyak sekali manfaat penggunaan pipa yang bisa digunakan dari mulai skala kecil hanya untuk kebutuhan rumahan atau penyaluran air saja. Sampai skala besar yang memang untuk kebutuhan industry sangat besar.

Komponen-komponen Perpipaan

Di dalam proyek instalasi pipa baik untuk migas atau pun untuk non migas maka perlu kita ketahui bahwa ada komponen lainnya yang selalu saja berhubungan dan juga menempel pada bagian pipa. Beberapa komponen pipa tersebut seperti:

  • Flanges: merupakan komponen pipa yang bisa membantu menggambungkan pipa satu dengan pipa yang lainnya.
  • Fittings : merupakan bagian dari penyambungan pipa.
  • Valves : merupakan bagian katup pada pipa
  • Strainger : merupakan bagian saringan pada pipa
  • Bland
  • Boltings : yaitu bagian baut untuk pipa penyambungan
  • Gasker
  • Dll

Mungkin saja dari banyaknya komponen pipa tersebut Anda sudah mengenal sebagain komponen tersebut karena pernah menggunakannya.

Jika Anda ingin mempertimbangkan pemilihan penggunaan pipa untuk rumah Anda. Maka yang paling cocok Anda gunakan adalah jenis pipa HDPE atau pun pipa PPR. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekuatan masing-masing. Kedua jenis pipa tersebut juga sangat ramah lingkungan.

Sekilas mengenai pipa PPR agar bisa menjadi pertimbangan Anda saat akan menggunakannya. Pipa PPR merupakan produk jaringan pada perpipaan yang sangat ideal apalagi jika digunakan untuk pemanfaatan saluran sanitasi panas dan juga dingin yang bertekanana. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai pipa air panas untuk kamar mandi di rumah.

Penggunaan PPR juga bisa Anda sesuaikan dengan pipa HDPE. Misalnya saja, saat di rumah ternyata Anda menggunakan pipa HDPE untuk saluran sanitasi air dingin dan juga panas yang memang sudah terbukti sangat tangguh dan tidak mudah rusak. Jika penggunaanya digunakan pada saluran air yang bertekanan kemungkinan besar HDPE memang dirancang khsusus untuk itu, hanya saja jika untuk saluran air panas yang bertekanan bisa saja kekuatan HDPE tidak berlaku. Sehingga penggunaan HDPE dan PPR bisa Anda sesuaikan.

Anda bisa menggunakan HDPE untuk membantu saluran pembuangan. Sedangkan untuk air panas dan dingin, Harga Pipa HDPE Anda bisa menggunakan PPR. Karena biasanya kerusakan yang disebabkan tekanan dan juga suhu malah akan memperpendek usia dari pipa HDPE. Sehingga solusi paling tepat adalah penempatan dari pipa Anda harus benar.

Itulah fungsi, jenis dan juga komponen pipa yang sangat penting Anda ketahui. Saat Anda berkunjung pada distributor pipa, jangan sungkan untuk bertanya lebih jauh lagi agar Anda tidak salah saat hendak membeli pipa untuk saluran air Anda.

 

Tasya Blog © 2018 Frontier Theme